Sabtu, 22 Desember 2012

MEMBERSIHKAN KELAMIN BAYI PEREMPUAN

Pada bulan-bulan pertama,mungkin Anda dibuat jengkel karena harus mengganti popok bayi Anda sampai 15-20 kali sehari.Tetapi,jika Anda tidak segera menggantinya bayi Anda dapat menderita ruam popok.Radang pada kulit pantat bayi ini biasanya disebabkan oleh zat amonia yang terkandung dalam kotoran (air seni atau tinja) bayi yang menggering.Jika kulit bayi Anda sangat peka, radang ini juga bisa disebabkan oleh sabun, bedak, atau bahan pelembut pakaian.      Salah satu tahap penting dalam penggantian popok adalah membersihkan kalamin dan daerah sekitar pantat bayi, terutama setelah buang air besar.Cara membersihkan alat kelamin bayi perermpuan dan laki-laki sedikit berbeda. Jika bayi Anda berjenis kelamin laki-laki sedikit berbeda. Jika bayu Anda berjenis kelamin perempuan, langkah-langkah berikut Anda dapat ikuti.
  • Lepaskan baju dan buka popoknya. Jika bayi anda buang air besar, gunakan bagian ujung kain popok yang bersih untuk membuang sebagian tinja yang ada.Tetapi, jika menggunakan popok sekali pakai, sekalah tinja dengan tissue yang lembut sampe bersih. Angkat kaki bayi anda dengan tanggan yang kiri dan tarik popok perlahan-lahan ke arah bawah dengan tangan kanan.
  • Bila kotoran meresap lewat popok sampai kebagian perut bayi, seka seluruh bagian perut dan pusar dengan gerakan ke kanan dan ke kiri sambil bergerak ke arah bawah.Usahakan menyeka dengan kapas yang dilembutkan dengan cara dicelupkan kedalam air hangat atau dengan memberinya sedikit baby oil.
  • Bersihkan semua lipatan bagian dalam pada pangkal paha dengan gerakan kebawah dan kearah luar tubuh bayi.
  • Bersihkan daerah sekitar alat kelamin bayi Anda dengan menggangkat kakinya secara berganti, Perlu diperhatikan, jangan menarik bibir kemaluan bayi perempuan Anda untuk membersihkan dalamnya.
  • Angkat kedua kaki bayi Anda dengan tangan kiri Anda pada bagian pergelangan kakinya. Bersihkan alat kelamin bayi muali dari vagina kearah anus. hal ini dimaksudkan untuk menghindari masuknya kuman-kuman dari anus ke dalam vagina. Gunakan kapas yang bersih setiap penyekaan.
  • Bersihkan pantat dan paha bagian bawah, dengan gerakan ke bawah kearah anus. Bersihkan setiap lipatan kulit sebaik-baiknya.
  • Setelah bersih, lap tangan Anda dan keringkan daerah popok bayi dengan tissue yang lembut. Kemudian biarkan ia menendang-nendang sebentar tanpa popok sehingga bagian bawah tubuhnya terkena udara.
  • oleskan tipis-tipis baby oil atau baby lotion pada bagian atas dan sekitar alat kelamin, serta sekitar alalt kelamin dan sekitar pantan bayi Anda juga. Bedak sebaiknya tidak digunakan, apalagi jikaAnda telah mengolesinya dengan krem. Kombinasi krem dengan bedak akan mengakibatkan terbentuknya "kerak" yang bisa menggores bagian dalam lipatan kulit.
Bagi beberapa ibu muda, perawatan bayi pada bulan pertama mungkin terasa merepotkan. Tetapi.jika Anda melakukannya dengan baik, tahap-tahap perawatan bayi selanjutnya akan terasa mudah Anda kerjakan.selain itu, dengan membersihkan dan memandikannyabayi  secara teratur setiap hari Anda telah memperkenalkan kebersihan pada anak sejak ia bayi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar